Selasa, 19 Maret 2013

Indeks Kepuasan Masyarakat di Puskesmas Bojongsari Periode tahun 2012

Menurut Philip Kotler (2002:42) Kepuasan adalah: ”Perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja suatu produk dan harapan-harapannya”. Menurut Gibson, Invancovic dan Donelly (1992:58) Kepuasan adalah sebagai suatu proses dimana individu memilih, merumuskan dan menafsir-kan suatu rangsangan untuk memahami keadaan lingkungannya berdasarkan pengalaman masa lalu dan rangsanganrangsangan yang diterima oleh panca indra. Sedangkan menurut Husein Umar (2003:51) kepuasan dibagi dua macam, yaitu: kepuasan fungsional dan kepuasan psikologikal.

Kepuasan fungsional merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi suatu produk yang  dimanfaatkan, sedangkan kepuasan psikologikal merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang sifatnya tidak berwujud dari produk”. Menurut M.N Nasution (2004:47) kepuasan pelanggan yaitu: “Perbedaan antara harapan dan kinerja atau hasil yang dirasakan karena pelanggan adalah orang yang menerima hasil pekerjaan (produk) seseorang, maka pelangganlah yang menentukan kualitas suatu produk”. Ada beberapa unsur penting dalam kualitas yang ditetapkan pelanggan menurut M.N Nasutionn (2004), yaitu sebagai berikut:
1.      Pelanggan merupakan prioritas utama organisasi.
2.      Pelanggan yang harus diperhatikan merupakan pelanggan yang paling penting,.
3.      Kepuasan pelanggan dijamin dengan menghasilkan prodak berkualitas tinggi dengan perbaikan
terus menerus.

Di Puskesmas Bojongsari telah dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap kinerja atau pelayanan di Puskesmas Bojongsari pada tahun 2012. Hal ini ditujukan untuk mengetahui kepuasan klien yang mengunjungi Puskesmas Bojonsari periode tahun 2012. Survey ini secara mendalam dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang menjadi penyebab terhadap kepuasan klien di Puskesmas Bojongsari.
Berdasarkan Survey dengan sampel 150 orang didapatkan hasil Indeks Kepuasan Masyarakat di Puskesmas Bojongsai adalah 73,971. Berdasarkan nilai tersebut Puskesmas Bojonsari berada di kategori baik. Selanjutnya setelah survey tahun 2012 selesai dan mendapatkan nilai yang baik, maka Puskesmas Bojongsari akan menata berbagai sistem dan sumber daya di dalamnya untuk kedepan Puskesmas ini memperoleh nilai yang sangat baik di tahun berikutnya.  Maka dari itu segala peningkatan fasilitas dan sumber daya dilakukan untuk terus memperbaiki pelayanan di Puskesmas Bojongsari.

0 komentar:

Posting Komentar

Sampaikan komentar anda dengan baik. Komentar yang mengandung unsur SARA, Pornografi, dan Pencemaran Nama Baik akan dihapus...

 
Design by Free WordPress Themes | Google by Lasantha - Premium Wordpress Themes | Lady Gaga, Salman Khan