Menurut
Philip Kotler (2002:42) Kepuasan adalah: ”Perasaan senang atau kecewa seseorang
yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja
suatu produk dan harapan-harapannya”. Menurut Gibson, Invancovic dan Donelly
(1992:58) Kepuasan adalah sebagai suatu proses dimana individu memilih,
merumuskan dan menafsir-kan suatu rangsangan untuk memahami keadaan
lingkungannya berdasarkan pengalaman masa lalu dan rangsanganrangsangan yang
diterima oleh panca indra. Sedangkan menurut Husein Umar (2003:51) kepuasan
dibagi dua macam, yaitu: kepuasan fungsional dan kepuasan psikologikal.
Kepuasan
fungsional merupakan kepuasan yang diperoleh
dari fungsi suatu produk yang
dimanfaatkan, sedangkan kepuasan psikologikal merupakan kepuasan
yang diperoleh dari atribut yang sifatnya tidak berwujud dari produk”. Menurut
M.N Nasution (2004:47) kepuasan pelanggan yaitu: “Perbedaan antara harapan dan
kinerja atau hasil yang dirasakan karena pelanggan adalah orang yang menerima
hasil pekerjaan (produk) seseorang, maka pelangganlah yang menentukan kualitas
suatu produk”. Ada beberapa unsur penting dalam kualitas yang ditetapkan pelanggan menurut M.N Nasutionn (2004),
yaitu sebagai berikut:
1. Pelanggan
merupakan prioritas utama organisasi.
2. Pelanggan
yang harus diperhatikan merupakan pelanggan yang paling penting,.
3. Kepuasan
pelanggan dijamin dengan menghasilkan prodak berkualitas tinggi dengan
perbaikan
terus
menerus.
Di Puskesmas Bojongsari telah dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap kinerja atau pelayanan di Puskesmas Bojongsari pada tahun 2012. Hal ini ditujukan untuk mengetahui kepuasan klien yang mengunjungi Puskesmas Bojonsari periode tahun 2012. Survey ini secara mendalam dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang menjadi penyebab terhadap kepuasan klien di Puskesmas Bojongsari.
Berdasarkan Survey dengan sampel 150 orang didapatkan hasil Indeks Kepuasan Masyarakat di Puskesmas Bojongsai adalah 73,971. Berdasarkan nilai tersebut Puskesmas Bojonsari berada di kategori baik. Selanjutnya setelah survey tahun 2012 selesai dan mendapatkan nilai yang baik, maka Puskesmas Bojongsari akan menata berbagai sistem dan sumber daya di dalamnya untuk kedepan Puskesmas ini memperoleh nilai yang sangat baik di tahun berikutnya. Maka dari itu segala peningkatan fasilitas dan sumber daya dilakukan untuk terus memperbaiki pelayanan di Puskesmas Bojongsari.
0 komentar:
Posting Komentar
Sampaikan komentar anda dengan baik. Komentar yang mengandung unsur SARA, Pornografi, dan Pencemaran Nama Baik akan dihapus...